my Kalender

Rabu, 05 November 2008

KEGIATAN PRAMUKA SEBAGAI WUJUD KEMANDIRIAN

Mungkin banyak pelajar sekarang yang mengganggap bahwa kegiatan- kegiatan perkemahan seperti pramuka hanya akan membuang- buang waktu saja. Dan ada pula yang beranggapan bahwa kegiatan pramuka adalah kegiatan yang tidak lagi diperlukan dizaman sekarang

Padahal, kegiatan pramuka justru merupakan kegiatan yang mengasyikan, meskipun dalam kegiatan pramuka banyak tantangan dan rintangan yang harus dihadapi tetapi, dari kegiatan pramuka tersebut, kita dapat memperoleh banyak pengalaman yang berharga dan mengesankan serta bermanfaat untuk kehidupan kita dimasa yang akan datang. Salah satu manfaat yang didapatkan dalam kegiatan pramuka adalah lebih disiplin dan mandiri dalam bertindak,sebab jikalau kemandirian dan kedisiplinan telah kita terapkan sejak dini, maka kehidupan kita di masa depan akan lebih baik sehingga kelak mereka akan menjadi pemimpin yang kesatria dan bijaksana, karena di Negara Indonesia ini sangat dibutuhkan pemimpin yang bijaksana, baik dalam bertindak maupun dalam mengambil suatu keputusan, selain itu manfaat yang didapat selanjutnya adalah mereka mempunyai jiwa sosial yang tinggi terhadap lingkungan sekitar mereka sehingga hal tersebut memudahkan mereka untuk bersosialisasi dengan siapapun.

Dalam kepramukaan, setiap anggota pramuka harus memiliki jiwa sosial yang tinggi serta moral yang baik. Sehingga mereka dapat menjadi teladan bagi siapapun baik dimasyarakat, di sekolah dan dimanapun mereka berada. Sehingga pada akhirnya mereka dapat menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara ini.

Memang untuk menjadi seorang pramuka yang ksatria bukanlah hal yang mudah, sebab dalam kegiatan pramuka yang dilaksanakan seperti Lomba Satuan ( lomsat), jambore nasional membutuhkan kemampuan fisik dan mental yang kuat, karena banyak kegiatan- kegiatan pramuka yang langsung berinteraksi dengan alam seperti kegiatan penjelajahan hutan yang dapat membuat kita semakin dekat dengan alam dan juga lebih mengenal alam., selain itu dalam kepramukaan banyak kegiatan yang mengacu kepada kemampuan akademis maupun non akademis masing- masing anggota, seperti bernyanyi, membuat tarian kreasi sendiri dan kegiatan lainnya.

Mungkin banyak yang mengganggap , kegiatan- kegiatan yang dilaksanakan dalam kepramukaan memilki persamaan dengan kegiatan perkemahan lainnya seperti pencinta alam dan camping.Tetapi, walaupun memiliki manfaat yang sama, kedua kegiatan tersebut tetap memiliki perbedaan. Salah satu perbedaannya dapat ditinjau dari segi seragam, dimana dalam kegiatan kepramukaan diwajibkan untuk mengenakan pakaian seragam pramuka, sedangkan dalam kegiatan pencinta alam, boleh mengenakan pakaian bebas pantas.

Perbedaan yang lainnya yang lebih mencolok adalah dari sisi pelaksanaan. Kegiatan pramuka memiliki teori- teori yang sangat penting yang perlu diketahui oleh setiap anggota pramuka seperti lambang atau symbol tertentu yang biasa selalu digunakan dalam setiap kegiatan pramuka serta syarat- syarat kecakapan umum lainnya yang harus diterapkan dalam kegiatan kepramukaan, sedangkan dalam kegiatan pencinta alam, tidak memiliki teori pelaksanaan yang cukup penting, hanya saja dalam kegiatan pencinta alam ada beberapa hal yang harus diperhatikan khususnya dalam hal pendirian kemah dan beberapa persiapan lainnya.

Sebenarnya, kegiatan pramuka memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai. Salah satu tujuan yang terpenting dalam kegiatan pramuka yaitu agar setiap mereka yang mengikuti pramuka mampu menaati serta melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan ikrar mereka untuk melaksanakan kegiatan pramuka dengan sebaiknya- baik. Ikrar atau janji yang mereka ucapkan bukan hanya sekedar janji biasa, melainkan janji yang harus mereka pertanggung jawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Oleh karena itu, tujuan tersebut harus benar dilaksanakan sebaik- baiknya. Mengingat pentingnya kegiatan pramuka , alangkah baiknya jika para pelajar- pelajar yang ada di kota Balikpapan ini menyadari dan mengetahui pentingnya kegiatan kepramukaan.. Karena dizaman sekarang ini, saya melihat kurangnya minat siswa- siswi dalam mengikuti kegiatan pramuka. Tetapi, semoga saja dengan menyadari pentingnya kegiatan pramuka dan pencinta alam bagi kehidupan sehari- hari, banyak pelajar yang mau berpartisipasi untuk mengikuti kegiatan pramuka dan pencinta alam.

Pernyataan serupa juga mengenai kepramukaan juga disampaikan oleh walikota Balikpapan yaitu Bapak Imdaad pada waktu upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Pramuka di depan halaman kantor walikota . Dan kebetulan waktu itu, saya menghadiri upacara tersebut karena dulu saya juga aktif dalam kegiatan kepramukaan.

Dalam pidatonya, beliau menjelaskan beberapa manfaat yang didapatkan dalam kegiatan pramuka serta sejarah awal kepramukaan. “ Dalam pertemuan ini, saya berharap kalian mengerti manfaat terpenting yang didapat dalam kegiatan pramuka, sebab dalam kegiatan pramuka, kita dapat melatih diri kita mulai dari sekarang untuk lebih mandiri serta disiplin baik dalam bertindak, ,” ucap Pak Imdaad Hamid disela- sela pidatonya.

“Untuk menjadi seorang yang disiplin serta mandiri adalah bukan sesuatu hal yang mudah, sering kali kita lalai dalam bertindak dan juga dalam bertindak kadang- kadang kita selalu mengandalkan orang lain, tetapi dalam keprmukaan disiplin dan kemandirian adalah hal terpenting, karena itulah prioritas utama dalam kegiatan pramuka,” lanjut Pak Imdaad Hamid.

“ Tetapi, saya cukup bangga, karena saya melihat ada beberapa siswa- siswi pelajar kota Balikpapan yang mengikuti kegiatan kepramukaan seperti Lomba Satuan (Lomsat) baik tingkat siaga, penggalang maupun penegak, dan bahkan mereka berhasil mendapatkan peringkat terbaik dalam kegiatan lomsat dan hal itu menjadi suatu prestasi yang sangat membanggakan.

Sekali lagi hidup pramuka…,” ucap Pak Imdaad untuk mengakhiri pidatonya.

Setelah selesai memberikan pidato, upacara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada mereka yang mendapatkan juara terbaik dalam kegiatan lomsat yang diselenggarakan dalam rangka memperingati ulang tahun Pramuka. Dan kebetulan waktu itu, sekolah saya mendapatkan peringkat pertama dalam lomsat tersebut.

Saya bangga sekali dengan anggota- anggoa pramuka di sekolah saya yang dulu

Mereka selalu bersemangat dan berlatih dengan sungguh- sungguh dalam setiap kegiatan pramuka, selain itu mereka juga telah mempersiapkan lomsat dengan baik sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan, sehingga tidak heran jikalau mereka selalu mendapatkan peringkat terbaik dalam beberapa kegiatan Lomba Satuan Penggalang dari tahun ketahun.

Tentu saja, keberhasilan mereka tersebut tidak terlepas dari tangan para Pembina pramuka.

Karena selama ini, para Pembina juga dengan gigih melatih mereka untuk mencapai hasil yang maksimal.

“Memang tidak mudah untuk mendapatkan peringkat terbaik dalam lomsat, karena banyak sekali saingan yang ada dalam kegiatan ini, namun kita harus tetap terus berlatih dan mempersiapkan apa yang akan ditampilkan dengan sebaik- baiknya dan kita harus tetap optimis untuk menjadi yang terbaik,” ucap salah seorang guru Pembina pramuka ketika saya berbincang- bincang dengan beliau waktu itu.

“Menurut saya, mengikuti kegiatan pramuka bukanlah hal yang mudah, walaupun saya hanya sebagai Pembina saja, tetapi saya dapat merasakannya juga, dimana saya harus meninggalkan kewajiban saya sebagai pengajar untuk membimbing pramuka selama beberapa hari, namun disisi lain saya juga senang karena usaha mereka selama ini untuk berlatih pramuka tidak sia- sia, “ lanjut Pembina tersebut.

Walaupun saya hanya mengikuti kegiatan pramuka sampai kelas dua SMP saja, tetapi banyak pelajaran berharga yang saya dapatkan melalui kegiatan- kegiatan pramuka yang pernah saya ikuti.

Dalam kegiatan pramuka yang pernah saya ikuti, saya semakin mengerti tentang wujud kemandirian dalam kegiatan pramuka seperti yang disampaikan Pak Imdaad dalam pidatonya ketika saya mengikuti upacara pramuka tetapi kemandirian bukan hanya diterapkan dalam kegiatan prmuka saja, melainkan dalam segala aspek kehidupan kita sehari- hari, kemandirian sangat berperan penting.

Sebagai contoh, kita dapat melihat masyarakat- masyarakat di kota Balikpapan ini, banyak diantara mereka yang mencari nafkah dengan cara membuka lapangan kerja masing- masing, seperti membuka wirausaha atau mendirikan bisnis- bisnis dari luar daerah tanpa melibatkan pihak mana pun. Dan ternyata, usaha mereka tidak sia- sia karena walaupun mereka membuka usaha kecil- kecilan dari hasil kerja keras mereka sendiri, mereka berhasil menjalankan usaha mereka dengan baik dan hal tersebut membawa dampak baik bagi kehidupan mereka.

Dari contoh diatas, kita dapat melihat bahwa ternyata kemandirian sangat penting untuk masa depan. Oleh karena itu, mulai dari sekarang kita harus menerapkan kemandirian dimana pun kita berada, sebab dengan adanya kemandirian maka dapat membantu kita untuk mengembangkan potensi diri kita sendiri.

“ Kemandirian itu sangat berpengaruh besar bagi hidup kita dimasa yang akan datang, karena tidak selamanya orang lain dapat membantu kita.

Saya sendiri merasakan hal tersebut karena dulu saya mati- matian untuk membuka sebuah pertokoan dengan usaha saya sendiri bahkan saya pun tidak mempunyai modal uang yang banyak untuk membangun pertokoan tersebut, tetapi hanya bermodalkan kemandirian yang tegar dan akhirnya dengan kemandirian, usaha saya sukses sampai sekarang,” cerita seorang pengusaha sewaktu diwawancarai oleh Kaltim Post.

Dari pernyataan diatas, semoga kita menyadari pentingnya kemandirian.

Sebagai pelajar hendaknya kita bisa menerapkan kemandirian dalam kehidupan sehari- hari khususnya dalam kegiatan belajar.

Biarlah kita dapat belajar menerapkan kemandirian dari hal- hal yang kecil, seperti, belajar dengan kemampuan sendiri tanpa bantuan orang lain dan juga beberapa kegiatan lainnya.

Sebenarnya, untuk mewujudkan kemandirian, kita tidak harus melatihnya dalam kegiatan pramuka, kita bisa berlatih secara perlahan- lahan, namun mengingat setiap kegiatan pramuka tujuannya selalu mengarah pada kemandirian.

Walaupun sebenarnya kemandirian bukan tujuan utama dari suatu kegiatan pramuka, tetapi kemandirian merupakan prioritas utama dalam kegiatan pramuka.

By: Wong Nie Nie

Feeds